Sabtu, 27 September 2014

"Outing Class” Pengenalan Profesi kelas I & II SDIT Ar Rohmah Magetan Di Puskesmas Candirejo Magetan 2014


Alhamdulillah kegiatan “Outing Class” Pengenalan Profesi kelas I & II SDIT Ar Rohmah di Puskesmas Candirejo Magetan 2014 telah berjalan dengan lancar dan sukses. Kami selaku panitia kegiatan pengenalan profesi ini sengaja memilih di puskesmas candirejo karena  SDIT Ar Rohmah senantiasa berusaha untuk memberikan  dukungan kepada anak didik dengan memenuhi semua kebutuhan mereka dalam hal mencetak generasi muda yang cerdas, aktif, mandiri (ceria) dan berakhlak mulia. Salah satunya melalui kegiatan outing class I & II tentang pengenalan profesi ini, kami berharap anak-anak dapat mengenal dan belajar secara langsung untuk mendapatkan informasi / pengetahuan mengenai semua kegiatan  ataupun semua profesi yang ada di Puskesmas Candirejo.
Dan kami berharap kegiatan ini bermanfaat bagi perkembangan nalar anak, dan mampu memenuhi rasa ingin tahu serta perkembangan sosial anak, serta dapat memberikan penjelasan dan peragaan secara langsung dihadapan siswa tentang semua profesi yang ada di Puskesmas Candirejo. Adapun tema kegiatan outing class kali ini adalah “Membangun karakter yang religius dan profesional.”
Dan tujuan diadakan acara ini yaitu :
  1. Memfasilitasi kepada para siswa untuk dapat melihat dan merasakan secara langsung tentang segala aktivitas yang diterapkan di puskesmas, sehingga dapat mengambil pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga.
  2. Memotifasi dan membangkitkan semangat belajar para siswa untuk terus-menrus mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya untuk meraih prestasi terbaik dan mencapai sukses hidup setinggi-tinginya.
  3. Membuka cakrawala berpikir para siswa sehingga diharapkan dapat mengambil pelajaran positif tentang bagaimana cara membentuk sikap dan tingkah laku serta kedisiplinan kerja sangat mulia untuk menyembuhkan orang sakit sehingga dapat memotivasi mereka untuk mewujudkan cita-cita mereka. 

Dan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 24 September 2014, dengan jumlah peserta sebanyak 61 siswa dan didampingi 6 guru pendamping.
Kegiatan kunjungan ini berlangsung + 1 jam, termasuk perjalanan berangkat dan pulang yang memang tidak membutuhkan waktu yang lama karena tempat puskesmas hanya berjarak + 50 meter dari sekolah. Kegiatan tersebut pada dasarnya lancar sesuai rencana, tetapi terdapat sedikit perubahan dengan mempertimbangkan kondisi yang ada.
Di tempat tujuan, siswa mempunyai tugas untuk memperoleh sebanyak mungkin informasi terkait dengan semua profesi yang ada di Puskesmas. Di mulai dari pengenalan tentang puskesmas, dilanjutkan dengan tugas masing-masing dari profesi tersebut yang dipandu langsung oleh kepala puskesmas yaitu dr. Diana beliau menjelaskan semua tentang profesi yang ada di puskesmas dengan sangat jelas sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh siswa. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada puskesmas oleh SDIT Ar Rohmah yang langsung diikuti dengan penutup. Setelah acara ditutup Alhamdulillah pihak puskesmas berkenan untuk mempersilahkan siswa melihat secara langsung poli tempat dokter umum praktek, ruang dokter gigi, laboratorium tempat memeriksa darah, tempat KIA, dan juga bagian obat. Setelah siswa diajak berkeliling semua poli yang ada di puskesmas kamipun mengundurkan diri untuk kembali ke sekolah. Dan tak lupa kami selaku panitia berpamitan kepada pihak puskesmas. Dan Alhamdulillah kami dapat selamat sampai di sekolah tanpa ada halangan apa pun.
Dan ini beberapa dokumentasi dalam kegiatan outing class ini :

Sambutan ketua panitia

 




Sambutan Kepala Puskesmas Candirejo

  





Seluruh peserta kegiatan outing class pengenalan profesi

 

  
Proses pengenalan profesi nara sumber dr. Diana

 




 Suasana tanya jawab siswa dan nara sumber

  




 Siswa diajak secara langsung untuk mengenal tugas dokter

 





 Penyerahan kenang-kenangan panitia kepada pihak puskesmas

 



  
 Foto bersama antara panitia, pihak puskesmas dan seluruh
siswa outing class pengenalan profesi kelas I & II SDIT Ar Rohmah Magetan

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar